Sabtu, 14 Maret 2020

Filled Under:

Cara Kerja Solar Panel


Cara Kerja Solar Panel

Pasang solar panel adalah salah satu solusi untuk memanfaatkan tenaga matahari. Solar panel mengumpulkan energi terbarukan yang bersih dalam bentuk sinar matahari dan mengubah cahaya itu menjadi listrik yang kemudian dapat digunakan untuk menyediakan daya untuk beban listrik. Lalu bagaimanakah cara kerja dari solar panel itu sendiri? Berikut adalah ulasan mengenai cara kerja solar panel sehingga bisa menghasilkan aliran listrik tabarukan.

Cara Kerja Solar Panel

Solar panel terdiri dari beberapa sel surya individu yang terdiri dari lapisan silikon, fosfor (yang memberikan muatan negatif), dan boron (yang menyediakan muatan positif). Solar panel menyerap foton dan dengan demikian memulai arus listrik.

Energi yang dihasilkan dari foton kemudian  menyerang permukaan solar paneldan memungkinkan elektron terlempar keluar dari orbit atomnya dan dilepaskan ke medan listrik yang dihasilkan oleh sel surya yang kemudian menarik elektron-elektron bebas dan menjadi arus terarah.

Seluruh proses ini dikenal sebagai Efek Fotovoltaik. Sebuah rumah rata-rata memiliki atap cukup luas untuk menerima jumlah solar panel yang diperlukan untuk menghasilkan listrik tenaga surya yang cukup sehingga bisa memasok semua kebutuhan listriknya. Kelebihan listrik yang dihasilkan masuk ke jaringan listrik utama, terbayar dalam penggunaan listrik di malam hari.

Dalam konfigurasi grid-terhubung yang seimbang, solar panel menghasilkan daya pada siang hari yang kemudian digunakan di rumah pada malam hari. Program pengukuran bersih memungkinkan pemilik generator surya dibayar jika sistem mereka menghasilkan lebih banyak daya daripada yang dibutuhkan di rumah.  Namun pasang solar panel tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan oleh yang berpengalaman.

Dalam aplikasi surya off-grid, bank baterai, pengontrol biaya, dan dalam kebanyakan kasus, inverter merupakan komponen yang diperlukan. Array surya mengirimkan listrik arus searah (DC) melalui pengontrol muatan ke bank baterai.

Daya kemudian diambil dari bank baterai ke inverter, yang mengubah arus DC menjadi arus bolak-balik (AC) yang dapat digunakan untuk peralatan non-DC. Dibantu oleh inverter, susunan solar panel dapat berukuran untuk memenuhi persyaratan beban listrik yang paling menuntut.

Arus AC dapat digunakan untuk menyalakan beban di rumah atau bangunan komersial, kendaraan rekreasi dan kapal, kabin jarak jauh, pondok, atau rumah, kontrol lalu lintas jarak jauh, peralatan telekomunikasi, pemantauan aliran minyak dan gas.

Ingin pasang solar panel untuk kebutuhan Anda? Segera hubungi Sewatama untuk dapatkan layanan yang memuaskan dengan harga yang ramah di kantong. Sewatama merupakan layanan yang memberikan solusi kepada kebutuhan Anda pada solar panel. Yuk, kunjungi kami di sewatama.com.






0 komentar:

Posting Komentar