Rabu, 22 April 2020

Filled Under:
,

Virus Corona, Yuk Ketahui Penyebab dan Gejalanya di Situs SehatQ.com


Virus Corona, Yuk Ketahui Penyebab dan Gejalanya di Situs SehatQ.com

Saat Ini virus corona memang tengah mewabah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Apalagi diketahui bahwa Covid19 merupakan virus jenis terbaru yang hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya, sehingga masih banyak yang awam dengan virus corona. Oleh karena itu agar lebih awas dengan corona, tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang virus satu ini. Yuk simak penjelasan dalam ulasan ini.

Pengertian Tentang Virus Corona

Virus corona merupakan suatu kelompok besar dari berbagai virus yang menyebabkan banyak penyakit, mulai dari batuk dan pilek hingga yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Jenis virus corona terbaru yang bernama 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) ini, menimbulkan wabah yang dikenal dengan COVID-19. Dilaporkan pertama kali virus ini menginfeksi manusia pada tanggal 31 Desember 2019.

Gejala dan Tanda Virus Corona

Gejala yang ditimbulkan dari adanya infeksi virus corona bervariasi, mulai dari flu ringan hingga pneumonia atau radang paru paru. Gejala yang muncul tersebut, pada sebagian pasien akan membaik dengan mudah. Namun pada sebagian pasien bisa mengalami perburukan gejala dengan begitu cepat. Umumnya gejala gejala yang dikeluhkan oleh penderita infeksi virus corona meliputi demam, keluhan yang mirip gejala flu, hingga sesak napas.

Dalam situs SehatQ.com, dijelaskan bahwa keluhan bisa muncul pada 2 hingga 14 hari setelah penderita terkena paparan virus corona. Infeksi akibat virus corona bisa menyebabkan kematian apabila gejala yang ditimbulkan menunjukkan gagal napas, pneumonia, dan syok sepsis. Risiko kematian juga lebih rentan terjadi kepada penderita yang telah lanjut usia (lansia) dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyebab Virus Corona

Sesuai dengan namanya, penyebab dari infeksi ini merupakan COVID 19. Dimana virus tersebut merupakan jenis baru dalam kelompok corona yang muncul pada tahun 2019. Diduga virus jenis baru ini ditularkan dari hewan ke manusia. Hingga kemudian diketahui jika virus ini bisa ditularkan dari manusia ke manusia, sehingga penyebab pasti penyakit dari adanya virus ini belum diketahui hingga kini.

Virus corona jenis baru ini dapat menyebar apabila terjadi kontak langsung atau dekat dengan orang yang telah terinfeksi, tidak sengaja menghirup percikan ludah dari batuk, bersin, atau yang membuang ludah sembarangan dari orang yang terinfeksi COVID19. Selain itu juga bisa menular apabila terjadi kontak dengan artikel virus yang ada di udara ketika penderita COVID 19 batuk atau bersin.

Menyentuh benda benda yang telah terkontaminasi oleh virus 2019-nCoV seperti gagang pintu yang ada di tempat umum atau menyentuh pegangan dalam kendaraan umum, kemudian menyentuh area wajah seperti muka, hidung, dan mata ternyata juga bisa menyebabkan penularan virus. Selain itu melakukan jabat tangan dengan pasien yang positif terkena virus corona, juga kemungkinan besar akan tertular virus.

Cara Menangani Virus Corona

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang tersedia untuk menangani COVID19. Namun para ahli masih terus berusaha melakukan berbagai riset dan pengembangan guna memperoleh solusi untuk menanganinya. Meskipun begitu, ada beberapa yang bisa dilakukan guna meredakan gejala COVID19. Menurut situs SehatQ, beberapa upaya tersebut terdiri dari menganjurkan penderita virus corona untuk banyak beristirahat dan minum banyak air putih.

Selain itu juga perlu mengkonsumsi obat pereda demam dan nyeri tenggorokan seperti aspirin atau paracetamol. Namun untuk aspirin diharapkan tidak untuk dikonsumsi oleh pasien yang berusia di bawah 19 tahun. Tidak hanya itu, pasien juga dianjurkan untuk mandi air hangat atau menggunakan pelembap udara guna meringankan nyeri tenggorokan. Dan untuk pasien dengan gejala yang berat umumnya akan mendapatkan tambahan terapi suportif.

Itulah penjelasan tentang pengertian virus corona yang dilengkapi dengan gejala dan penyebabnya. Virus ini umumnya ditularkan melalui sentuhan, oleh karena itu ada baiknya untuk sering sering cuci tangan. Jika Anda pernah kontak langsung dengan terduga penderita COVID19 dan mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan, maka ada baiknya untuk segera menghubungi rumah sakit rujukan.






0 komentar:

Posting Komentar